Selamat Datang!

TAHARU untuk IDUL FITRI

Arus Mudik di Kalteng Diprediksi 40 Ribu Orang

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalteng memprediksi arus mudik lebaran tahun ini sekitar 40 ribu orang, dan mayoritas menggunakan angkutan laut.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kalteng HM Hatta, mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan intansi terkait membahas kesiapan arus mudik itu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, posko lebaran dipastikan akan dibentuk dengan melibatkan banyak pihak seperti kepolisian, TNI, tim medis dan instansi lainnya.

"Lonjakan pemudik biasanya terjadi pada H-15 sampai H+15 lebaran," katanya.

Menurut dia khusus pemudik yang menggunakan kapal laut harus mendapat perhatian khusus, karena jumlahnya terus meningkat tiap tahun. Sedangkan arus mudik melalui jalur darat dan udara, diperkirakan tidak ada kendala berarti.

Adapun titik-titik yang menjadi perhatian di antaranya Pelabuhan Sampit dan Bandara H Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya.

"Sedangkan untuk jalur darat, yang menjadi perhatian adalah ruas Palangkaraya-Banjarmasin, Palangkaraya-Sampit, SampitPangkalanbun, Palangkaraya-Buntok," kata Hatta.

Selain mendirikan posko di sejumlah titik, petugas juga ditempatkan di titik rawan kecelakaan. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalteng bersama pihak rekanan juga akan menyiagakan alat berat di titik rawan tersebut.

Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng Ben Brahim S Bahat menyebutkan, ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan mulai Kapuas-batas Kalsel hingga batas Kalbar relatif lancar.

Untuk titik seperti ruas Palangkaraya-Kualakurun, SampitKualapembuang dan kawasan Barito yang rawan ambles, rencananya disiagakan alat berat.

Sumber : Tribun new. com

Mudik memang sudah merupakan hal yang membudaya, jadi fenomena musiman bisa kita lihat dan alami ketika sudah masuk masa-masa perayaan hari keagamaan, khususnya sekaran ini Idul Fitri.

Suatu hal yang bisa saja dikatakan ikut-ikutan membudaya juga adalah naiknya tarif transportasi dan harga-harga sembako pada saat menjelang hari raya keagamaan.  Hal semacam ini sudah bisa diramal, sehingga dapat memudahkan kita untuk merencanakan dan mengetur keuangan dalam rangka persiapan biaya mudik dan perayaan pesta hari raya keagamaan.

Credit Union (CU) Betang Asi Kalimantan Tengah sebagai lembaga keuangan dalam rangka membantu masyarakat khususnya anggota CU Betang Asi dalam hal pengelolaan keuangannya, sejak tahun buku 2008 telah meluncurkan produk tabungan yang diberi nama TAHARU (tabungan hari raya dan tahun baru) sebagai solusi bagi anggota dalam merencanakan dan mengelola dana untuk mudik dan pesta syukur dalam rangka perayaan hari raya keagamaan.



SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1428H







Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, September 2, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved