Selamat Datang!

KEMENTRIAN KOPERASI GENJOT SARJANA WIRAUSAHA Oleh: Mulia Ginting Munthe

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pemuda dan Olahraha serta lembaga pendidikan dan pembiayaan untuk sosialiasi Program 1.000 Sarjana Wirausaha.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Neddy Rafinaldi Halim mengemukakan pihaknya juga menggandeng perguruan tinggi seperti Institut Teknologi 10 November Surabaya, serta pemerintah daerah.

”Kami meminta semua pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota agar aktif menggalakkan pelaksanaan program sosialiasi penciptaan wirausaha baru dari kalangan sarjana,"ujar kepada wartawan, hari ini.

Sehari sebelumnya, Neddy membuka secara resmi Rapat Konsultasi Penumbuhan dan Pengembangan Sarjana Wirausaha di Jakarta Selatan melibatkan setiap perwakilan instansi terkait maupun lembaga pembiayaan serta kalangan universitas.

Rapat tersebut berlangsung hingga besok 7 Juli. Rapat tersebut merupakan untuk menciptakan wirausaha baru dari kalangan sarjana yang baru lulus.

Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan program tersebut untuk mengubah pola pikir mahasiswa yang selama ini berorientasi mencari [pekerjaan.

Sebaliknya, pemerintah menginginkan mereka bisa menjadi pencipta lapangan kerja melalui Program 1.000 Wirausaha Sarjana. Program ini diundurkan Kementerian Koperasi dengan menyediakan akses permodalan maksimal Rp25 juta melalui LPDB-KUMKM.

Berkaitan dengan keterlibatan  instansi terkait serta kalangan perguruan tinggi, Neddy mengharapkan program yang digagas oleh instansinya bisa menciptakan 1.000 sarjana menjadi pelaku kewirausahaan.

Program ini sekaligus menanggulangi kecenderungan meningkatkanya alumnus perguruan tinggi berstatus pengangguran. Pengangguran kalangan terdidik dari strata S1 di Indonesia terus naik ke angka 626.621 orang hingga Desember 2009. Pada 2006 jumlahnya tercatat sebanyak 375.000 orang.

Jumlah pengangguran dari lulusan diploma/akademi saat ini tercatat 486.399. Jumlah ini bagian dari angka pengangguran 2009 yang mencapai 8,96 juta orang.(fh)

Sumber : Bisnis Indonesia Online


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, July 7, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved