Selamat Datang!

BUPATI RAIH PENGHARGAAN BAKTI KOPERASI & UKM Sebagai Tokoh Penggerak Koperasi, Diterima dari Presiden di Surabaya

SENDAWAR – Bupati Kubar Ismael Thomas SH, M.Si menerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) sebagai tokoh penggerak koperasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Penghargaan berupa piagam dan medali tersebut  diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Koperasi Nasional yang dipusatkan di Makodam V Brawijaya, Surabaya, Kamis kemarin (15/7).

Presiden menuturkan, koperasi merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan kemiskinan dan pengangguran. Indonesia merupakan negara berkembang, yang masih harus mengatasi segala persoalan penduduk yang besar. Dalam membangun ekonomi masyarakat tidak bisa mengikuti model atau sterategi negara lain yang penduduknya lebih sedikit.

Dilanjutkannya lagi, yang bisa mengangkat seluruh tarap hidup masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Marauke adalah ekonomi rakyat yang di dalamnya koperasi, usaha mikro dan usaha kecil. Sehingga jangan ragu-ragu lagi mengembangkan koperasi. “Saya akan bersama-sama saudara semua, para kepala daerah untuk menyukseskan pembangunan koperasi,” kata Presiden.

Presiden mengintruksikan dan mengajak  di tahun-tahun mendatang lebih serius lagi agar koperasi terus berkembang. Banyak yang harus kita kerjakan agar kesejahteraan rakyat semakin baik, kemiskinan dan pengangguran berkurang. “Saya mengajak untuk melakukan hal-hal sebagai berikut untuk meningkatkan koperasi semakin baik dan maju serta memberikan manfaat bagi anggota,” kata Presiden. Koperasi  di seluruh kabupaten dan kota harus ditambah untuk memperkuat ekonomi rakyat. “Koperasi dijadikan sebagai wahana untuk menolong diri  pribadi dan anggotanya,” terang Presiden.

Bupati Ismael Thomas mengatakan, niat membangun koperasi di Kubar untuk mendorong ekonomi masyarakat, supaya betul-betul tumbuh dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Koperasi juga bertujuan untuk mendidik para generasi muda supaya memiliki semangat membangun, jangan sampai generasi muda hanya berpikiran ingin menjadi pegawai atau menjadi karyawan,” kata Ismael.

Kata dia, koperasi juga sebagai langkah untuk memupuk semangat bergotong royong di masyarakat, di mana masyarakat Kubar sangat terkenal dengan sempekat (gotong royong), sehingga dengan adanya koperasi bisa menghidupkan kembali budaya sempekat.

“Saya sangat yakin melalui budaya sempekat yang merupakan warisan nenek moyang yang sangat bernilai, tentu bisa memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya. Di Kubar ada 735 koperasi yang ada terdiri dari koperasi simpan pinjam, serba usaha, keagamaan, kepemudaan, dan koperasi PKK. Pemerintah kabupaten selalu membantu pengadaan  modal koperasi.

Sumber berita: www.kaltimpost.co.id

Sumber foto: www.kubarkab.go.id


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, July 20, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved