Selamat Datang!

“MELIHAT” KANTOR CU BETANG ASI DENGAN GPS

gps_logo1Ada pepatah yang mengatakan bahwa “siapa yang menguasai informasi, akan menguasai dunia”. Pepatah ini ada benarnya, juga ada salahnya. Di jaman yang serba modern seperti ini menuntut kerja yang tepat, cepat dan akurat. Informasi yang diterima oleh masyarakat dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

Salahnya, menguasai dunia tentu saja bukan hanya mengandalkan informasi. Tentu banyak factor penentu yang penting untuk di pelajari lebih lanjut. Informasi yang diterima ini dapat berupa media cetak, elektronik maupun dari sesama masyarakat itu sendiri. Dunia yang semakin tanpa batas ini membuat kejadian di wilayah Amerika akan segera diketahui oleh wilayah Asia, pun sebaliknya.

Nah ... saat ini saya ada salah satu informasi tentang GPS. Pembaca tentu bertanya-tanya apa itu GPS. GPS adalah GPS (Global Positioning System) adalah sistem navigasi yang berbasiskan satelit yang saling berhubungan yang berada di orbitnya.

Satelit-satelit itu milik Departemen Pertahanan (Departemen of Defense) Amerika Serikat yang pertama kali diperkenalkan mulai tahun 1978 dan pada tahun 1994 sudah memakai 24 satelit.

GPS, merupakan sebuah alat atau sistem yang dapat digunakan untuk menginformasikan penggunanya dimana dia berada (secara global) di permukaan bumi yang berbasiskan satelit. Data dikirim dari satelit berupa sinyal radio dengan data digital. Dimanapun anda berada, maka GPS bisa membantu menunjukan arah, selama anda melihat langit. Layanan GPS ini tersedia gratis, bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun kecuali membeli GPS recierver-rya.

Dengan menggunakan GPS, Anda dapat menandai semua lokasi yang pernah Anda kunjungi. Misalnya, Kantor CU Betang Asi Palangka Raya di waypoint sekian dan tempat-tempat lainnya.

Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa diambil jika Anda mengetahui waypoint dari suatu tempat. Pertama, Anda dapat memperkirakan jarak lokasi yang Anda tuju dengan lokasi asal Anda. GPS keluaran terakhir dapat memperkirakan jarak Anda ke tujuan, sampai estimasi lamanya perjalanan dengan kecepatan aktual yang sedang Anda tempuh. Kedua, lokasi di daratan memang cukup mudah untuk dikenali dan diidentifikasi.

Namun, jika Anda kebetulan menemui tempat memancing yang sangat baik di tengah lautan ataupun tempat melihat matahari terbenam yang baik di puncak gunung, bagaimana cara menandai lokasi tersebut agar Anda dapat balik lagi ke lokasi itu di kemudian hari tanpa tersesat? Di saat seperti inilah sebuah GPS akan menunjukkan manfaatnya.

Dengan teknologi GPS dapat digunakan untuk beberapa keperluan sesuai dengan tujuannya. GPS dapat digunakan oleh peneliti, olahragawan, petani, tentara, pilot, petualang, pendaki, pengantar barang, pelaut, kurir, penebang pohon, pemadam kebakaran dan orang dengan berbagai kepentingan untuk meningkatkan produktivitas, keamanan, dan untuk kemudahan.

Dari beberapa pemakaiaan di atas dikategorikan menjadi:

  1. Lokasi, digunakan untuk menentukan dimana lokasi suatu titik dipermukaan bumi berada.

  2. Navigasi, membantu mencari lokasi suatu titik di bumi

  3. Tracking, membantu untuk memonitoring pergerakan obyek

  4. Membantu memetakan posisi tertentu, dan perhitungan jaringan terdekat

  5. Timing, dapat dijadikan dasar penentuan jam seluruh dunia, karena memakai jam atom yang jauh lebih presesi di banding dengan jam biasa.


Tidak perduli posisi Anda, di tengah laut, di tengah hutan, di atas gunung,  ataupun di pusat kota. Selama GPS dapat menerima sinyal dari satelit secara langsung tanpa halangan, maka GPS akan selalu memberikan informasi koordinat posisi Anda. GPS membutuhkan area pandang yang bebas langsung ke langit. Halangan-halangan seperti pohon, gedung, bahkan kaca film sekelas V-Kool, bisa mengurangi akurasi sinyal yang diterima oleh GPS. Bahkan bukan tidak mungkin GPS tidak bisa menerima sinyal sama sekali dari satelit. GPS juga memiliki feature tambahan yang mampu memberikan informasi selama Anda di perjalanan, seperti kecepatan, lama perjalanan, jarak yang telah ditempuh, waktu, dan masih banyak.

Berikut saya berikan langkah-langkah untuk menentukan lokasi dengan menggunakan fasiltas google map:

  1. Tentukan posisi anda (letak koodinat) dengan menggunakan alat GPS yang anda miliki

  2. Catat koodinat yang sudah temukan, contoh: S 02° 12' 02.32", E 113° 54' 43.45" (untuk koordinat kantor CU Betang Asi jalan Cilik Riwut No. 32A Palangka raya Kalimantan tengah)

  3. Bukalah internet dan ketik alamat: http://maps.google.com/

  4. Di bagian search maps ketiklah: S 02° 12' 02.32", E 113° 54' 43.45", kemudian enter

  5. Google map akan menemukan lokasi kantor tersebut

  6. Perbesarlah pada bagian “+”  disebelah kanan layar computer anda

  7. Untuk membuat lokasi di “tengah”, gunakan klik kanan pada hurup “A” dan pilih “center map here”

  8. Perbesar hingga pembesaran masih bisa di lakukan oleh goggle map.

  9. Anda sudah mengetahui lokasi kantor CU Betang Asi.


Selamat mencoba!.

Data diolah dari berbagai sumber.








Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, May 3, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved