Selamat Datang!

GORIS: “ANGGOTA BELUM MENJADIKAN PENDIDIKAN MENJADI SEBUAH KEBUTUHAN!”

Goris1aBulan Mei adalah bulan yang selalu dikenang oleh bangsa Indonesia sebagai bulan pendidikan. Hal ini berkaitan dengan tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Dalam konteks Credit Union tentu saja pendidikan tidak bisa dilepaskan, karena salah satu pilar dari Credit Union yaitu Pendidikan, kemudian disusul Swadaya dan Solidaritas.


Tim Redaksi Web CU Betang Asi berkesempatan mewawancarai Gregorius Doni Senun, S.Pd pada awal Mei 2010 di Kantor Pusat CU Betang Asi. Goris, selaku Wakil Ketua 1 yang mengurus bagian pendidikan CU Betang Asi, berikut petikan wawancaranya:


Apa yang sudah dibuat untuk memajukan pendidikan CU selama ini setidaknya dalam 7 tahun terakhir?


Jadi yang dilakukan selama ini dalam kaitan dengan pendidikan di tingkat anggota adalah pendidikan dasar, kemudian pendidikan motivasi dan pendidikan penyegaran. Itu sasaran secara keseluruhan. Kemudian di tingkat pengelola dalam hal ini manajemen, itu disesuaikan dengan program seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan tentang kredit, pelatihan etos kerja. Kemudian juga di tingkat pengurus yang sudah berjalan selama ini juga kurang lebih juga menyangkut pendidikan tentang kepemimpinan juga tentang kredit.


Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pendidikan tersebut?


Kendala yang dihadapi di tingkat pengurus, maupun manajemen sepertinya tidak ada, karena sesuai dengan program yang sudah kita canangkan. Untuk di tingkat anggota kendalanya pertama terbentur pada soal waktu, karena masyarakat kita ini dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda dan terbentur pada waktu mereka, kemudian juga kendalanya mereka belum menjadikan pendidikan ini menjadi sebuah kebutuhan, itu sebuah persoalan. Ketika kebutuhannya menyangkut kredit dia (anggota) mau pendidikan. Jadi dia (anggota) kalau mau melaksanakan pendidikan itu kalau sudah berkaitan dengan kebutuhan dan bukan kesadaran.


Kemajuan-kemajuan apa yang didapatkan dalam pelaksanaan pendidikan CU Betang Asi itu, terutama dampaknya?


Jadi kalau dilihat dari dampaknya dari pendidikan yang sudah berjalan itu, pertama ada peningkatan pemahaman akan kepemilikan terhadap lembaga itu, jadi perasaan memiliki terhadap lembaga itu semakin tumbuh, kedua dari segi daya menabung sudah mulai meningkat bila dibandingkan dengan orang yang belum pernah mengikuti kegiatan pendidikan, tabungannya begitu saja, karena belum melihat manfaat. Satu ketika ketika dia (anggota) sudah mulai mengikuti pendidikan itu baru dia melihat bahwa ada manfaatnya, sehingga tingkat kesadaran menabungpun saat ini mulai meningkat tahun demi tahun. Kecenderungan ini ada pada anggota yang sudah mengikuti pendidikan.


Apa saja program ke depan dari pengurus untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari anggota CU Betang Asi?


Memang rencana kita ke depan, pertama untuk meningkatkan pertumbuhan asset dan juga pertumbuhan anggota kita merencanakan ada semacam pelatihan TOT (Training of Trainer) terhadap beberapa calon fasilitator untuk menjawab kebutuhan anggota. Karena semakin banyak permintaan dari anggota untuk pendidikan dasar  ini harus dilaksanakan untuk calon-calon fasilitator. Kemudian juga untuk ke depan kita adakan pelatihan atau pertemuan-pertemuan rutin untuk para aktivis, para fasilitator. Inilah yang  mau dikedepankan sehingga betul-betul lembaga ini tidak hanya dibangun oleh para pengelola ataupun juga pengurus yang ada, diharapkan juga anggota yang mau berpartisipasi untuk mengembangkan lembaga ini. Juga diusulkan pelatihan untuk kelompok inti untuk dihidupkan kembali di tingkat-tingkat kampung .


Apa harapannya untuk kemajuan CU Betang Asi ke depan?


Harapan saya selaku Wakil Ketua 1, pertama semua pengurus menjalankan tugas sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing. Kedua, mengharapkan semua element baik itu para fasilitator, kelompok inti dan juga kolektor serta manajemen dapat menjalankan fungsinya masing-masing serta tidak ada terjadi benturan antara satu dengan yang lain.




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, May 8, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved