Selamat Datang!

SKT : ANTARA TUNTUTAN PEMBERDAYAAN & PROFESIONALITAS

Sertifikat tanahPertayaan apakah Surat Peryataan Tanah (SPT) bisa menjadi jaminan dalam kredit masih sering di kemukakan para anggota.
Pada Poljak Tahun Buku 2009 keberadaan SPT/SKT masih bisa menjadi jaminan kredit namun pada Poljak Tahun Buku 2010 pasal 19 ayat 3 point a mengatakan bahwa bagian kredit dan pemasaran dapat menentukan jaminan lain demi keamanan kredit berupa Surat tanah (sertifikat hak milik).
Bila melihat dari isi kebijakan ini jelas yang diminta adalah sertifikat hak milik bukan Surat Pernyataan Tanah atau Surat Keterangan Tanah.

Kepala Bagian Kredit CU Betang Asi, Yohanes Changking yang ditemui di kantor CU Betang Asi mengatakan bahwa saat ini mereka masih menerima SPT/SKT khususnya anggota yang berasal dari kampung dimana bagi mereka SPT/SKT merupakan surat yang sangat berharga bagi mereka.
CU sebagai sebuah gerakan penyadaran juga memerlukan proses yang tidak cepat, tuntutan peningkatan status kepemilikan tanah secara perlahan dan pasti menyadarkan kepada masyarakat akan arti pentingnya hak milik sehingga mereka mengurus surat-surat tanah secara bertahap.
Di akhir pembicaraan Y.Changking menyampaikan bahwa saat ini mereka sudah mengajukan surat peninjauan kepada pengurus agar Surat Pernyataan Tanah (SPT) atau Surat Keterangan Tanah (SKT) bisa menjadi jaminan dalam kredit.

Sementara itu notaris PPAT  Pioni Avila Naviari, SH mengatakan bahwa SPT atau SKT hanyalah bukti awal atas penguasaan tanah secara adat, dia masih belum memiliki hak.
Bukti kepemilikan yang di akui oleh undang-undang adalah sertifikat dimana objeknya adalah tanah yang telah memiliki status hak.

Kendala yang kemudian muncul bagi masyarakat di Kalimantan Tengah adalah masih belum adanya pengesahan Rencana Tata Ruang Provinsi (RTRWP) Kalteng,
masalah ini yang kemudian menjadi alasan bagi Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk tidak melayani pengurusan sertifikat hak milik.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, April 6, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved