Selamat Datang!

Serikat Petani Karet

Serikat Petani Karet (SPK) adalah bagian dari perjuangan rakyat untuk mendidik para petani sehingga dapat memahami konsep dan terapannya di komunitas mereka. Petani karet saat ini cukup rentan terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang akhir-akhir ini semakin tidak digubris, terutama dalam hal pencaplokan lahan oleh Perkebunan Besar Swasta (PBS).

Kondisi saat ini tentu tidak dapat didiamkan, berbagai macam cara untuk merubah kondisi ini. Pada tahap awal tentu saja mengalami banyak tantangan, bahkan sampai saat ini. Perubahan pola pikir, sikap dan mental hingga berujung ke aksi (tindakan) membutuhkan proses yang cukup panjang.

Sebagai wadah untuk menyatukan dan membangun pemahaman yang kritis terhadap kondisi petani karet dalam menghadapi tantangan ke depan pembentukan dan pendampingan serikat. Saat ini di Kalimantan Tengah sudah ada 4 Serikat Petani Karet yang berjalan “telanjang kaki” dan tertatih-tatih. Ke depan penguatan terhadap Serikat Petani Karet yang terbentuk ini terus dan tetap di lakukan baik pendampingan secara dekat, maupun jarak jauh.

Adapun Serikat Petani Karet yang terbentuk sebagai berikut:

  1. Serikat Petani Karet Manggatang Tarung, berpusat di desa Tumbang Malahoi kecamatan Rungan kabupatan Gunung Mas. Serikat ini terbentuk pada tanggal 27 Juli 2006. hingga saat ini anggota yang menggabungkan diri sekitar 1.500 anggota*). Lembaga yang sudah berbadan hukum dengan nomor: 20 tahun 2006 ini, masih melakukan konsolidasi internal di lembaganya.

  2. Serikat Petani Karet Kahayan Basewut, berpusat di desa Petuk Liti kecamatan Kahayan Tengah kabupaten Pulang Pisau. Serikat ini terbentuk pada tanggal 5 September 2006 hingga saat ini anggota yang menggabungkan diri sekitar 300 anggota*) kondisi saat ini SPKKB, masih melakukan konsolidasi internal di lembaganya.

  3. Serikat Petani Karet Dayak Hapakat, berpusat di desa Parit kecamatan Cempaga kabupaten Kotawaringin Timur. Serikat ini terbentuk pada tanggal 25 April 2007. Hingga saat ini anggota yang menggabungkan diri sekitar 100 anggota*) kondisi saat ini SPKDH, masih melakukan konsolidasi internal di lembaganya.

  4. Serikat Petani Karet Penyang Hapakat, berpusat di desa Sepang Kota, kecamatan Sepang kabupaten Gunung Mas. Serikat ini terbentuk pada tanggal 25 April 2008, hingga saat ini anggota yang menggabungkan diri tercatat 160 anggota. Kondisi saat ini SPKPH cukup banyak melakukan aktivitas dalam membangun lembaga ini. beberapa diantaranya adalah audensi dengan pihak pemerintah propinsi Kalteng (Wagub Kalteng), pemerintah kabupaten Gunung Mas (bupati Gumas), diskusi-diskusi dan pelatihan di internal lembaga SPK. Lembaga ini sudah berbadan hukum bernomor 109 tahun 2009.

Saat ini serikat petani karet sudah mempunyai website, dapat dikunjungi di:

http://serikatpetanikaret.blogspot.com/

Maju terus dan berjuang untuk masa depan petani karet di Kalimantan Tengah, Isen Mulang

*) jumlah anggota terbaru masih dalam tahap konfirmasi.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, April 6, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved