Selamat Datang!

PERTEMUAN KELOMPOK INTI CU BETANG ASI TP. PENYANG HINJE SIMPEI – JABIREN

Hari Selasa, tanggal 13 April 2010 di Desa Jabiren tepatnya di kantor CU Betang Asi Tempat Pelayanan Penyang Hinje Simpei dilaksanakan Pertemuan Kelompok Inti yang difasilitasi oleh Pitur L. Sanen dan Athis (Anggota Dewan Pengurus CU Betang Asi) dibantu oleh Leani (Deputy General Manager) dan Yulianto (Koordinator TP).  Pertemuan Kelompok Inti dihadiri oleh aktivis Kelompok Inti dari beberapa desa yang melingkupi wilayah pengembangan masing-masing, yaitu : Jabiren, Gohong, Kanamit, Buntoi, Pulang Pisau, Pantai, dan Pilang.

Adapun tujuan dilaksanakannya Pertemuan Kelompok Inti tersebut adalah sebagai sarana evaluasi dalam melakukan pengorganisasian masyarakat yang dilakukan aktivis kelompok inti CU Betang Asi TP. Penyang Hinje Simpei dan selanjutnya menyusun rencana aksi yang akan dilakukan untuk mencapai target perekrutan anggota untuk tahun buku 2010.

IMG_5312



Pengorganisasian masyarakat yang dilakukan, memang tidak semulus apa yang diharapkan.  Kendala-kendala yang sama dapat dijumpai di wilayah pengembangan CU Betang Asi, seperti :

  1. Akan masuk anggota, kalau kantor ada di daerah bersangkutan.

  2. Masih ada keraguan, sehingga mudah terpengaruh oleh pihak lain.

  3. Ingin melihat bukti keberhasilan orang lain yang terlebih dahulu masuk anggota CU.

  4. Merasa tidak mampu.


Kendala-kendala yang semacam ini akan selalu menjadi tantangan yang menarik untuk lebih memotivasi diri (aktivis Kelompok Inti) dalam melakukan pengorganisasian masyarakat. “Jangan menyerah!!!”

Mengevaluasi kendala-kendala diatas, disimpulkan bahwa yang akan dilakukan nantinya adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat (non anggota) dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dan semua elemen organisasi masyarakat yang memiliki arah dan tujuan yang sama terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan. Dan melakukan motivasi/penyegaran kepada anggota CU guna memperkuat motivasi dan keyakinan mereka terhadap CU Betang Asi.

Dalam pertemuan Kelompok Inti tersebut disampaikan juga mengenai rencana akan dibukanya kantor CU Betang Asi Tempat Pelayanan Khusus (TPK) di Ibukota Kabupaten Pulang Pisau.  Syarat-syarat pembentukan TPK tersebut pada prinsipnya sudah sesuai dengan kebijakan pengurus CU Betang Asi, hanya saja analisis potensi wilayah pengembangan TPK di Pulang Pisau masih belum selesai dibuat oleh Koordinator TP sehingga rencana pembentukan TPK di Pulang Pisau masih belum diajukan melalui General Manager ke Dewan Pengurus untuk disetujui, kata Leani (Deputy General Manager).

IMG_5320




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, April 14, 2010
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved