Selamat Datang!

Syarat Menjadi Anggota CU Betang Asi

Syarat Menjadi Anggota *)

(1) Anggota sudah membayar Simpanan Pokok Rp. 1.000.000,- dan Simpanan Wajib Rp. 20.000/ bulan serta persyaratan administrasi lainnya.
(2) Tidak dapat menambah di simpanan lainnya (hanya Simpanan Wajib) sebelum mengikuti pendidikan wajib-1 (pendidikan CU).
(3) Anggota baru bertempat tinggal di wilayah peta pengembangan Kopdit CU Betang Asi dan di luar wilayah yang telah disepakati antar CU primer di Kalteng.
(4) Mengisi Surat Permohonan Menjadi Anggota (SPMA) yang telah disediakan oleh Kopdit CU Betang Asi.
(5) Melampirkan 2 (dua) lembar pasphoto ukuran 2x3 cm.
(6) Melampirkan fotocopy KTP atau SIM 1 (satu) lembar yang masih berlaku dan kartu keluarga serta surat keterangan identitas lainnya.
(7) Setiap anggota Kopdit CU Betang Asi dapat memilih lebih dari satu jenis produk simpanan anggota, setelah mengikuti pendidikan wajib-1.(6) Jika orang tua hendak memasukkan anaknya menjadi anggota yang usianya dibawah 17 tahun maka orang tua atau wali wajib membuat surat pernyataan yang ditandatangani diatas meterai.
(8) Syarat keanggotaan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Anggota Luar Biasa

(1)    Yang dimaksud dengan anggota luar biasa adalah:
a.    Setiap  orang  yang sudah membayar kontribusi pendidikan  dan mengikuti Pendidikan Wajib 1 (Pendidikan CU) tetapi belum terdaftar sebagai anggota sebagaimana pasal 7 ayat (5) atau (6).
b.    Setiap orang yang sudah menyimpan pada Simpanan Duit Turus, Tungkeh, Harati, Huma, Manda-mandau, TAS, Taharu, Wisata, Balanga.
(2)    Setiap anggota luar biasa wajib mengisi Surat Permohonan Menjadi Anggota (SPMA).

Anggota di Luar Wilayah Peta Pengembangan

(1)    Peta wilayah pengembangan anggota Kopdit CU Betang Asi meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur.
(2)    Anggota yang bertempat tinggal di luar wilayah peta pengembangan Kopdit CU Betang Asi dapat dilayani sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Anggota Yang Berhenti dan Diberhentikan

(1) Keanggotaan seseorang dapat berakhir dikarenakan;
a. Atas permintaan sendiri;
b. Meninggal dunia;
c. Diberhentikan oleh Pengurus.
Alasan pemberhentian karena melanggar AD, ART, dan keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT) .
(2) Anggota yang berhenti sebagaimana ayat (1) huruf (b) simpanannya dikembalikan kepada ahli waris sebagaimana tercantum didalam surat permohonan menjadi anggota (SPMA) atau data ahli waris mutakhir yang disahkan oleh pejabat yang berwenang, setelah segala kewajiban yang menyangkut hutang piutang dinyatakan lunas.

Penerimaan Anggota yang sudah Berhenti

(1) Anggota yang berhenti/diberhentikan sebagaimana pasal 9, ingin bermohon menjadi anggota kembali harus melalui persetujuan Pengurus.
(2) Apabila anggota yang bermohon kembali sebagaimana ayat 1 setiap Manager TP dan atau Koordinator TPK wajib membuat surat rekomendasi tentang anggota yang bersangkutan.
(3) Batas waktu pengambilan keputusan dari Pengurus maksimal 3 (tiga) bulan sejak pengajuan.

*) Informasi lebih jelas dapat menanyakan ke bagian informasi di kantor terdekat


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, December 28, 2009
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved