Selamat Datang!

Sejarah Credit Union (CU)

Gerakan Credit Union masuk ke Kalimantan Tengah sejak tahun 2001 di Barito Timur (Ampah) dengan berdirinya CU. Sumber Rejeki yang berpusat di Ampah.  Sementara itu di Palangka Raya gagasan pendirian CU dimulai sejak tahun 2000 an.  Kemudian lebih diseriusi saat datangnya salah satu aktivis Serikat Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Dayak Pancur Kasih (SegeraK – PK) Matheus Pilin pada akhir 2002 untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan aktivis Yayasan Dayak Panarung dalam rangka pengembangan Gerakan Ekonomi Kerakyatan (CU) selanjutnya berkonsultasi dengan T.T. Suling sebagai media komunikasi dengan Resort GKE, Nicolas Uda, BSc. MM. sebagai media komunikasi perguruan tinggi Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP) dan Pastor Lukas Huvang, MSF sebagai media komunikasi dari gereja Katolik, yang didampingi oleh Ambu Naptamis dari Yayasan Dayak Panarung yang sekarang bernama Lembaga Dayak Panarung (LDP).  Respon yang baik diperoleh dari aktivis NGO, akademisi, tokoh gereja dan tokoh-tokoh masyarakat di Palangka Raya sehingga pada tanggal 18 – 22 Pebruari 2003 dilaksanakan Strategic Planning  Credit Union bertempat di Aula Nazaret komplek gereja Kathedral St. Maria Palangka Raya.  Tepatnya tanggal 26 Maret 2003 berdirilah CU Betang Asi yang berpusat di Kota Palangka Raya yang diketuai oleh Drs. Ec. Amu Lanu A. Lingu, M.Si.

Sebagai staf awal yang bertugas dalam operasional Credit Union Betang Asi adalah Ethos H.L. dan Leani yang terlebih dahulu dimagangkan di CU-CU di Kalimantan Barat.  Jalannya operasional CU Betang Asi didampingi oleh Anthonius Anyu yang ditugaskan oleh Segerak-PK Pontianak guna mendorong gerakan CU khususnya di Kalimantan Tengah.

Visi        : Credit union berbasis masyarakat Dayak yang terpercaya, abadi, dan terbesar di Kalimantan Tengah.

Misi       : Mewujudkan kesejahteraan sosial ekonomi anggota melalui pelayanan keuangan yang profesional.

Slogan  : Handep Hapakat Sewut Barung.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, December 11, 2009
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved