Selamat Datang!

Simpanan dan Kredit Huma

Simpanan Huma

(1)    Simpanan Huma  adalah simpanan anggota dalam menyiapkan modal untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga khusus untuk perumahan.
(2)    Setoran tunai Simpanan Huma minimal  Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah), maksimal   Rp 5.000.000,- (lima  juta rupiah) per bulan.
(3)    Batas maksimal Simpanan Huma  adalah Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)
(4)    Balas Jasa Simpanan (BJS) Huma bersaing dengan lembaga lain, syarat dan ketentuan berlaku.
(5)    Anggota dapat menarik BJS Huma tanpa dikenakan penalti, apabila Simpanan Huma telah mencapai Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah) dan masa keanggotaan telah mencapai 4 (empat) tahun.
(6)    Simpanan Huma  yang menjadi jaminan Kredit Huma tidak boleh ditarik oleh anggota.
(7)    Apabila Simpanan Huma lebih besar dari saldo kredit maka anggota dapat melakukan penarikan selisihnya dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Manager Kredit atau Manager TP.

Kredit Huma
(1)    Kredit Huma adalah kredit yang diberikan kepada angota untuk membeli, membangun, merenovasi baik rumah tinggal, rumah sewa (barak), maupun rumah toko (ruko) dan atau membeli tanah yang diperuntukan membangun rumah dan menambah Simpanan Huma.
(2)    Jaminan Simpanan Huma dan simpanan lainnya minimal 20% (dua puluh persen) dari harga rumah/ tanah yang dibeli.
(3)    Bagi anggota yang belum memiliki Simpanan Huma maka  dapat menarik dari Simpanan Duit Turus.
(4)    Jasa Kredit bersaing dengan lembaga lain.
(5)    Jangka waktu pengembalian kredit maksimal 120 (seratus dua puluh) bulan atau 10 (sepuluh) tahun.
(6)    Proses kredit paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja.
(7)    Jaminan berupa Sertifikat  Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) yang masih berlaku (rumah/tanah yang dibangun atau dibeli/ renovasi) atas nama pemohon (suami atau isteri).
(8)    Apabila Kredit Huma untuk menambah Simpanan Huma tidak diangsur selama 3(tiga) bulan berturut-turut, maka simpanan ditarik secara sepihak oleh Kopdit CU Betang Asi untuk membayar lunas saldo kredit.

Proses Pencairan Kredit Huma
(1)    Proses Pencairan Kredit Huma dilakukan secara bertahap, dengan tahapan sebagai berikut: tahap pertama 30% tahap kedua 40%, tahap ketiga 30%, kecuali membeli rumah baru atau bekas.
(2)    Apabila membeli rumah melalui pengembang (developer), Kopdit  CU Betang Asi hanya mencairkan pinjaman untuk membayar  uang muka sebesar 30% dari nilai jual bangunan, sedangkan sisanya dicairkan pada saat proses Akta Jual Beli (AJB).
(3)    Proses Akta Jual Beli (AJB) dan akta pengakuan hutang kredit perumahan dilakukan pada notaris yang ditentukan oleh Kopdit  CU Betang Asi.
(4)    Apabila tidak melakukan pembangunan rumah atau terjadi perubahan tujuan kredit maka Balas Jasa Kredit dan jangka waktu kredit akan dilakukan perubahan.
(5)    Balas Jasa Kredit dibayar sesuai tahapan pencairan.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, December 30, 2009
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved